(Tim KKNT ITTP – Kamis 24 September 2020)

MERDEKA! Meupakan sebuah kata yang memiliki sejarah panjang apalagi kalau mengingat kemerdekaan Indonesia yang telah berhasil dimenangkan oleh para pejuang kita. Tak hanya Indonesia ternyata kampus juga mulai merambah kearah kemerdekaan terbukti dengan tercetusnya Permendikbud no.3 tentang Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Kabar gembira datang ke pintu IT Telkom Purwokerto ditandai dengan adanya kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam permendikbud tersebut dibidang pengabdian masyarakat.

Berawal dari pembuatan proposal, mengikuti seleksi dan akhirnya lolos sehingga didanai untuk melakukan program kampus merdeka, program studi S1 Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto mulai merancang serangkaian kegiatan demi mewujudkan amanah yang telah diserahkan ini. Salah satu langkahnya adalah bergerak ke desa yang telah memiliki Kerjasama untuk turut berperan dalam program kampus merdeka. Realisasi mungkin tidak bisa langsung terlaksana karena membutuhkan rencana yang matang. Perjalanan pertama di tanggal 22 September 2020 kita mengunjungi desa Melung kemudian Kamis, 24 September 2020 kita mengunjungi desa kedua yaitu desa Pliken.

Semangat membara dan penuh harap tim kami yang disebut tim KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) berada dalam tanggungjawab Kholidiyah Masykuroh, S.T.,M.T. beserta 4 anggotanya yaitu Nanda Iryani ,S.T.,M.T., Afifah Dwi Ramadhani, S.ST.,M.Tr.T, Petrus Kerowe Goran, S.T., M.T., dan Slamet Indriyanto, S.T., M.T. Semua merupakan dosen S1 Teknik Telekomunikasi di IT Telkom Purwokerto.

Ikon suatu desa tentunya kita ketahui adalah kepala desa. Senang, bingung, takjub merupakan kesan pertama saat melihat sosok kepala desa Pliken yang bernama Harjito, S.H. dengan sapaan akrabnya pak Aji. Beliau selain ramah juga humoris sehingga komunikasi berlangsung dengan lancar dan penuh tawa. Berbeda dengan kunjungan ke desa Melung sebelumnya yang bisa diadakan dengan tatap muka langsung, kunjungan kali ini dilaksanakan dengan mengadakan “zoom meeting” karena adanya himbauan pemerintah untuk meminimalisir membuat kerumunan dan menerima tamu dari luar desa. Agak kecewa namun terobati dengan perbincangan yang berakhir mufakat bahwa desa Pliken bersedia melakukan kerjasama dan ikut berperan demi suksesnya program kampus merdeka di IT Telkom Purwokerto. Zoom Meeting berlangsung selama 2 jam dari pk. 09.00-11.00 WIB yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekertaris Desa, Perangkat desa, perwakilan BumDes, perwakilan PKK, perwakilan POKDARWIS dan tim panitia KKNT Bersama merumuskan dan mengidentifikasi apa saja permasalahan desa yang bisa tim KKNT setarakan dengan SKS mata kuliah di IT Telkom Purwokerto terutama di program studi S1 Teknik Telekomunikasi. Namun, menindaklanjuti pertemuan via zoom, beberapa hari kemudian perwakilan tim mengantarkan surat perjanjian Kerjasama ke desa Pliken. Berakhir dengan ditandatanganinya surat perjanjian Kerjasama oleh kepala desa Pliken.

Tinggalkan Balasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *